Keunikan Leonardo Da Vinci


73215fbafd402c661b498a121050544c_lukisan-leonardo-da-vinciLeonardo da Vinci terlahir dengan nama lengkapLeonardo di Ser Piero, lahir tahun 1452 dan meninggal tahun 1519. Leonardo lahir di Vinci, Firenze, Italia dan meninggal di Prancis. Asal mula nama Leonardo da Vinci menandakan dia berasal dari daerah Vinci (da diartikan sebagai from dalam bahasa Inggris). Leonardo dikenal sebagai seniman yang kemudian mengaplikasikan karya seninya ke dalam temuan-temuan bidang ilmiah, dan konsep-konsep temuannya-lah yang dipakai dalam pembangunan teknologi modern setelahnya. Kejeniusannya melingkupi banyak bidang di antaranya bidang seni, musik, kedokteran, arsitek, pahatan, tulisan, anatomi, astronomi, teknik sipil, hingga kuliner. Kejeniusan atas karya dan pemikirannya membawa kemajuan pada peradaban manusia lintas bidang pengetahuan. Ia seorang pemikir keras dan bersenang-senang dengan apa yang ia pelajari tanpa sedikitpun tanda kesusahan. Leonardo dihormati dimana-mana dan terkenal jenius bagi seniman-seniman seangkatannya. Ia bisa menyejajarkan seni dan ilmu pengetahuan dan temuannya dipakai hingga kini. Mari kita mengenal fakta kehidupannya lebih dalam lagi.
Ada banyak sekali fakta menarik kehidupan sang jenius Leonardo da Vinci yang sering atau pun jarang kita ketahui, di antaranya:
1. Pada usia belia, Leonardo sudah belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze. Verrochio menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan bahwa lukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri.
2. Leonardo membantu Raphael dan Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus.
3. Ia pernah menulis catatan rencana akan karya-karyanya yang hendak diciptakan sebanyak 7.000
halaman.
4. Pemikirannya tentang burung kemudian membawanya pada konsep mesin terbang.
5. Ia mengembangkan pengetahuan anatomi dengan memberanikan diri membedah tubuh orang mati yang pada saat itu menjadi larangan pemerintah dan temuannya kemudian membawa manusia di zamannya menjadi lebih maju dalam pengetahuan anatomi, khususnya di bidang kedokteran.
6. Leonardo hidup di zaman Renaissance (zaman pencerahan) di Eropa dan dikenal sebagai “Master of Renaissance”.
7.Leonardo Da Vinci menulis dari kanan ke kiri. Jadi bila ingin membaca tulisannya harus memakai cermin.
8. Maha karyanya yang sangat terkenal hingga kini adalah The Last Supper dan Mona Lisa.
9. Dia memiliki kemampuan untuk menulis satu kalimat dengan tangan kanannya dan kalimat yang berbeda dengan tangan kirinya
10. Dia menemukan gunting.
11. Dia membuat rancangan arsitek, tetapi belum pernah buat bangunan.
12. Dia kehilangan sebagian besar lukisan dan gambar yang dibuatnya di Milan.
13. Dia menemukan konsep teknologi-teknologi modern sekaligus desainnya tetapi tidak dapat diciptakan satu pun di zamannya. Rancangannya antara lain: sepatu air, pelampung, kincir air, gambar-gambar rantai, mesin pintal, mesin giling gandum, mesin cetak, kapal selam, senapan mesin, bom, parasut, tank, mobil, helikopter, dan pesawat terbang.
14.Saat mempelajari anatomi, ia suka pergi malam-malam, membongkar kuburan, dan mengambil mayat orang tidak dikenal yang sudah hampir busuk dan membedahnya.Sepanjang hidupnya tidak kurang 30 mayat yang ia bedah dan pelajari.
15. Leonardo da Vinci adalah pembelajar yang gila yang mempelajari semua hal tanpa batas dan bersenang-senang dengan itu semua.
16. Ia pernah membuat desain robot yang dikenal dengan nama “Robot Leonardo”. Rancangan itu dianggap sebagai desain robot pertama sepanjang sejarah.
17. Leonardo dikenal sebagai sosok yang perfeksionis. Terbukti dari hasil karyanya yang sering diperbaiki jika menurutnya kurang pas.
18. Leonardo juga ahli di bidang tata kota dan bahkan memajukan pembangunan suatu kota lengkap dengan pelebaran jalan dan sungai menggunakan kanal.
19. Leonardo pernah membuat alat musiknya sendiri dan piawai memainkannya.
20. Pada tahun 1476 tertuduh dengan kasus homoseksual dengan seorang model laki-laki berusia belasan tahun yang bernama Jacopo Saltarelli.
Contoh karyanya yang terkenal:
Mona Lisa (1497)
8959aa22edbe11767b28f55beb5286b8_lgpp30545mona-lisa-leonardo-da-vinci-posterLukisan tersebut merupakan lukisan yang sangat terkenal hingga kini. Lukisan ini mengandung banyak sekali misteri yang hingga saat ini belum terungkap jelas siapa orang yang dilukis oleh Leonardo, apa motivasinya dan apa sebenarnya tujuan ia melukisnya. Lukisan ini terlihat simple atau biasa saja, tetapi jika lebih diperhatikan lagi, akan terlihat jelas apa sebenarnya yang menjadi daya tarik dari lukisan ini. Ada banyak sekali. Terlebih jika kita memperhatikan tatapan mata dan senyumannya dan latar belakang lukisannya. Tatapan mata dengan paduan senyuman yang terlihat sangat misterius. Butuh waktu bertahun-tahun ia menyelesaikan lukisan ini dan beberapa kali ia memperbaiki sisi lukisan terlebih sisi senyuman objeknya. Lukisan Mona Lisa menyimpan banyak sekali misteri dan banyak juga ilmuwan yang mengidentifikasikan lukisan ini sebagai lukisan yang menyimpan kode-kode yang dibuat oleh Leonardo. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa ada inisial yang berbeda di kedua mata lukisan Mona Lisa. Ada juga yang bilang latar belakang lukisan tersebut membentuk objek yang berbeda dari apa yang seharusnya. Terkait objek yang dilukis, Mona Lisa diyakini sebagai istri dari saudagar pada masanya yang bernama Lisa Gherardini. Mona diartikan sebagai ‘nyonya’ dengan demikian Mona Lisa berarti Nyonya Lisa. Ada juga yang justru berpendapat bahwa objek dari lukisan tersebut adalah potret diri Leonardo da Vinci sendiri yang dilukis dengan variasi berbeda yang tentu saja menyimpan rahasia tersendiri dari pelukisnya.
The Last Supper (1495)
3fbe0bc4d61cbcb45af277a936124fe2_e2eba5f8ae7f3a80413db41c801adbf1_last_supper_davinciLukisan ini dikenal sebagai Perjamuan Terakhir Yesus dengan murid-Nya sebelum iawafat oleh penyaliban. Di dalam novel karya Dan Brown dan film yang berjudul The Da Vinci Code, lukisan ini menyimpan makna misterius dan membentuk kode bahwa ada hubungan romantika Yesus dengan salah seorang murid-Nya, Maria Magdalena. Lukisan ini menggambarkan bagaimana perjamuan Yesus di malam terakhir-Nya berkumpul bersama dengan murid-muridNya sebelum ia ditangkap untuk melewati proses penyaliban dan wafat di kayu salib seperti yang dikisahkan Injil. Dalam film dan novel The Da Vinci Code, lukisan ini digambarkan sebagai kode yang dibuat oleh Leonardo untuk menggambarkan bagaimana romantika yang terjadi antara Yesus dengan Maria Magdalena yang bertentangan dengan iman Kristen. Biar bagaimana pun kontroversinya, lukisan ini tetap merupakan maha karya besar dari sosok jenius Leonardo da Vinci yang akan dikenang sepanjang zaman.
Kisah hidup Leonardo da Vinci memang tidak lepas dari fakta-fakta yang memperjelas kejeniusannya sebagai seniman dan ilmuwan. Karya-karya besarnya akan terus diingat, demikian juga pemikirannya yang ia wariskan kepada ilmuwan setelahnya. Sudah terlahir seseorang yang jenius dalam karya maupun pemikirannya dan sebagai contoh orang yang menikmati apa yang ia pelajari tanpa batasan bidan apapun, yang penting dia senang dan menikmati apa yang ia pelajari. Orang itu adalah Leonardo da Vinci, terlahir 500 tahun yang lalu. Leonardo pun meninggal di umurnya yang menginjak 67 tahun di kota Indre-et-Loire, Prancis dan dimakamkan diKapel St. Hubert di kastel Amboise, Prancis.

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan jejak penjelajah...

Pengikut

Site Info

Copyright © Samuel XtO | Powered by Blogger

ReDesign by sams