Karya Dari Botol Minuman Bekas

[Image: image007-150x150.jpg]Botol minuman bekas, kelihatannya sepele, akan tetapi bagaimanapun yang namanya sampah pasti dapat menimbulkan masalah yang dapat mengganggu lingkungan, baik secara kesehatan maupun dilihat dari segi keindahan dan kebersihan lingkungan. Namun demikian, sampah botol plastik atau kaleng bekas minuman ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai barang yang unik, bernilai seni, dan memiliki nilai ekonomi. Seperti yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sukses mengolah botol bekas minuman menjadi berbagai kreasi barang unik. Adalah Yulita Suryantari mahasiswa Teknologi Pendidikan, Fatih Fardian PGSD Penjas, dan Ratri Wulan mahasiswi Kimia UNY yang dibimbing oleh Estu Miyarso M.Pd. Mereka memberi nama usahanya KREBO (Kreasi Botol).

[Image: image004.jpg]
KREBO merupakan berbagai produk inovatif yang terbuat dari botol bekas minuman. Barang yang semula dianggap sampah dapat diubah menjadi material yang mempunyai nilai jual dan tidak membahayakan lagi bagi lingkungan hidup. Contoh dari pemanfaatan bekas botol minuman ini adalah pembuatan lampion cantik, lampu tidur, tempat pensil unik, dan boneka lucu. Peluang pasar dari KREBO ini sangat besar karena botol-botol bekas sebagai bahan baku mudah didapat, sehingga harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, selain itu konsumen dapat memesan desain produk KREBO sesuai selera mereka, KREBO juga sedang kebanjiran melayani desain interior beberapa cafe di Yogyakarta, ini juga menjadi salah satu keunggulan dari KREBO yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM.K) dari dana hibah DIKTI 2012. Kelompok PKM.K UNY ini mengaku siap membawa Krebo menuju PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) yang tahun ini bertuan rumah di Yogyakarta.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman, serta dengan pemanfaatan teknologi dan sumber daya yang ada, sampah yang dianggap tidak berguna bisa diolah menjadi hal yang lebih bermanfaat.



Ini galeri foto hasi Daur Ulang Botol Minuman Bekas


[Image: daur-ulang-botol-minuman-bekas-150x150.jpg]


[Image: image004-150x150.jpg]


[Image: image001-150x150.jpg]


[Image: image002-150x150.jpg]


[Image: image003-150x150.jpg]


[Image: image005-150x150.jpg]


[Image: image006-150x150.jpg]


[Image: image008-150x150.jpg]

Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download KeyGen Corel Draw Graphic Suite X6 Full

Lirik & Kunci Gitar Songon Lali - Franky Sihombing

Download eBook Novel Edelweiss 1 [gratis]