Adi Wiyata & Go Green

 SAM XTO - ADIWIYATA & GoGree, Untuk sobat pengunjung blog krek-krekan ini, semoga artikel ini berguna bagi anda dan lingkungan kita. [][][][][]
AdiWiyata, Adiwiyata berasal dari 2 kata, yaitu : ADI yang artinya besar, agung, dan ideal. Dan WIYATA yang artinya wilayah, tempat, ataupun lingkungan. . Jadi secara rangkum dijelaskan  bahwa AdiWiyata ini adalah suatu lingkungan yang ideal.
Keuntungan mengikuti program ini adalah :



  1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
  2. meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

 Adapun program AdiWiyata telah dilaksanakan di beberapa sekolah di Indonesia. Sekolah yang telah melaksanakan program ini dengan baik akan menerima penghargaan dan gelar sebagai SEKOLAH ADIWIYATA. Gelar Sekolah AdiWiyata banyak didengar akhir-akhir ini setelah dihapuskannya gelar Rintisan Sekolah Berstandar Internasional atau yang akrab kita dengar dengan sebutan RSBI. Adapun kini beberapa contoh sekolah yang telah mendapatkan gelar Sekolah AdiWiyata adalah :
Dari Jawa Barat---
  1. SMKN 2 Sukabumi, Kota Sukabumi
  2. SMPN 1 Pesawahan, Kab. Kuningan
  3. SMK Wikrama, Kota Bogor
  4. SMPN 36 Bandung
  5. SMPN 13 Bogor
  6. SMKN 1 Indramayu
  7. SMKN 13 Bandung
  8. SDN Ibu Dewi 5, Kab. Cianjur
  9. SMPN 2 Dayeuh Kolot, Kab. Bandung
  10. SMPN 2 Pasawahan, Kab. Kuningan
  11. SMPN 8 Cirebon
  12. SMAN 1 Bekasi 
    Sumber : http://blhd.endekab.go.id/daftar-sekolah-adiwiyata-tahun-2012/
Itulah beberapa contoh sekolah yang mendapat gelar Sekolah Adiwiyata pada tahun 2012, dan kini sekolah saya sendiri [ SMAN 2 Balige ] sedang mengikuti program ini dan semoga usaha yang kami lakukan tidak sia-sia untuk gelar itu. (Saya harap anda juga telah melakukan program itu.)

GoGreen --  Bagi anda yang suka dengan tanaman hijau maupun lingkungan sejuk pasti tidak asing lagi dengan kata ini " GoGreen ". GoGreen, dalam arti luas ialah ramah lingkungan dan berbuat yang baik untuk BUMI kita. Go Green juga merupakan suatu ajakan untuk kita agar kita ikut serta dalam pencegahan pemanasan global (Global Warming) yang kian memuncak dengan semakin tebalnya lapisan CO2 yang menyebabkan lapisan ozon kita menipis. Dan Pemanasan Global ini biasa juga kita kenal dengan istilah " Efek Rumah Kaca ", dan apakah sobat tau mengapa hal itu disebut dengan Efek Rumah Kaca? Hal itu disebut efek rumah kaca karna kondisi yang sama seperti rumah kita yang atapnya terbuat dari kaca.
"Panas matahari masuk, kemudian panas itu dipantulkan bumi keluar. Namun saat ingin keluar, panas itu dicegah/dihalangi oleh zat CO2 yang berfungsi seperti kaca" itulah sebabnya disebut efek rumah kaca (Maaf berantakan)
Memang sungguh mengerikan Pemanasan Global ini. Tapi jangan khawatir sobat, karna kita bisa menguranginya maupun mencegahnya dengal beberapa langkah sederhana, yaitu :
  1. Kurangi penggunaan energi yang kurang perlu [Listrik] ( Kalau tidak perlu, cabutlah segala perlengkapan listrik yang tidak digunakan lagi, karna walaupun dalam kondisi mati atau tidak digunakan, hal ini tetap menyerap energi).
  2. Jangan membuang sesuatu yang bisa didaur ulang ( Kaleng alumunium, kertas, botol, dsb. ).
  3. Gunakanlah sepeda ataupun berjalan kaki saat menuju sekolah, dan jika jaraknya jauh gunakanlah angkutan umum.
  4. Tanam pohon sebanyak mungkin dilingkunganmu, karna semakin banyak pohon maka persebaran sibiang kerok (CO2) akan berkurang. Dan yang ke
  5. Ajak teman-temanmu serta sebarkan berita ini, agar semua orang ikut serta melakukan hal sepele yang berharga ini.
Untuk itu, marilah kita ikuti program adiwiyata dan mari kita ikuti "GOGREEN"
"Cintai bumimu dengan tindakanmu"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download KeyGen Corel Draw Graphic Suite X6 Full

Lirik & Kunci Gitar Songon Lali - Franky Sihombing

Download eBook Novel Edelweiss 1 [gratis]