Hasil yang Tak Berhianat

Akhir-akhir ini baru saja kita -sekolahan- menjalani US/UKK. Entah bagaimana kita menghadapi hal itu, yang pasti itu adalah usaha masing-masing.
Yah, gue sendiri nggaktau gimana usaha yang dimaksud disini. Karna setiap orang punya usaha yang  berbeda-beda untuk menjawab tantangan keras ini.

nyunyu.com


Misalnya,
*Usaha mencontek
Dalam beberapa kasus, siswa/i yang kesulitan dalam beberapa bidang pelajaran tertentu akan melakukan teknik/usaha yang bisa/tidak dikatakan adalah perbuatan kotor. Karena perbuatan ini tidaklah seutuhnya kotor, bagaimana bisa kotor, si pelaku tidak perlu berlari-lari di sawah atau lumpur untuk usaha ini. Ia hanya perlu menuliskan beberapa hal kecil yang disebut rangkuman kecil, atau bahasa ilmiahnya catpos (catatan polos*entah darimana bahasa ini datang). Usaha ini dapat juga dikatakan kotor, jika, si pelaku dalam usaha ini secara tidak berhati-hati membuat persiapan catpos nya.

*Usaha SKS
Untuk beberapa siswa/i kalangan pelajar se-jagat raya, mungkin usaha SKS ini sudah tidak asing lagi. Usaha SKS -Sistem Kebut Semalam- adalah usaha yang akan dilakukan beberapa pelajar mulai dari kalangan Mahasiswa sampai ke kalangan SMP, bahkan bisa jadi juga kekalangan TK. Si pelaku bisa saja menyelesaikan 200 halaman buku biologi berbahasa Latin, penuh, mulai dari kata pengantar sampai daftar pustaka nya itu adalah bahasa Latin. Dalam kasus ini, si pelaku memerlukan konsentrasi tinggi agar bisa menguasai hal yang dibacanya (gue sih nggak yakin itu buku beneran dibaca semua).

*Usaha Matang
Usaha ini gue sebut usaha matang, karena menurut hasil survey dari 100 orang yang ditanyakan dan yang menjawab hanya 0.5 orang, bahwa untuk menghadapi ulangan seperti ini (US/UKK) diperlukan persiapan yang matang sejak awal agar tidak kebakaran janggut saat akan menghadapi US/UKK. Hal ini dilakukan dengan prinsip
" Berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. "
,ya meskipun prinsip ini sangat bertentangan dengan prinsip hidup gue yang memegang erat budaya hidup itu santai
" Berenang-renang kehulu, berenang pula ketepian. Bersenang-senang dahulu, bersenang juga kemudian. "
Menurut pelaku usaha ini, persiapan jauh hari sebelum hari H itu lebih menguntungkan daripada pelaku yang mempersiapkan dirinya sehari atau bahkan se-jam sebelum kegiatan US/UKK berlangsung. Namun apa dan bagaimana kebenarannya, hanya sang Pencipta yang tahu.

Dan itulah beberapa jenis usaha yang kerap kali kami *mewakili pelajar se-jagat raya* lakukan guna menghadapi tantangan zaman di era modernisasi sejak dahulu kala, di zaman batu, pada kehidupan nenek moyang kami. Bahkan sejak mereka di vonis berasal dari kera.

Dan usaha mana pun yang kamu lakukan, jika kamu mempersiapkan usahamu dengan doa dan hati yang tulus serta dengan persiapan untuk usaha yang baik, maka hasil pun takkan pernah berhianat darimu.
Dan lihatlah, hasil yang kamu dapatkan pasti akan menyenangkanmu.
Muahahaha...

2 comments:

  1. wahh usaha yang paling sering IShmah jalanin mah usaha SKS :D
    nha, jadi gimana hasil ujiannya, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..
      Kalo masalah hasil sih ya sesuai yg diatas juga :D Tergantung seberapa matang usaha yang dilakukan :p

      Delete

Tinggalkan jejak penjelajah...

BlogRoll

Pengikut

Site Info

Back to top

Site Info

Copyright © Samuel XtO | Powered by Blogger

ReDesign by sams